Jakarta (ANTARA News) - Kelompok musik beraliran jazz asal Belanda, The Brag Pack, akan ikut memeriahkan pagelaran ASEAN Jazz Festival (AJF) kelima yang akan digelar di Batam.

"Kedutaan Besar Belanda di Jakarta telah memberikan konfirmasi, Jumat, bahwa The Brag Pack akan tampil di ASEAN Jazz Feztival," kata Direktur Festival sekaligus musisi ternama Dwiki Dharmawan di Jakarta, Jumat sore.

Dia juga mengatakan bahwa Kedubes Belanda juga menjadi sponsor untuk mendatangkan grup musik beraliran jazz kontemporer itu.

"Kedutaan Besar Belanda juga telah menyatakan akan menjadi sponsor penuh untuk mendatangkan The Brag Pack, dengan total dana senilai 7.000 euro," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan bahwa kegiatan musik internasional secara tahunan itu merupakan upaya Kementerian untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara di Indonesia.

"Penyelenggaraan ASEAN Jazz Festival yang kelima ini bisa meningkatkan kunjungan turis lintas batas negara (cross border visitor) ke Indonesia, khususnya di Batam," kata Sapta Nirwandar, Jumat sore.

Menurut data Kemenparekraf, target wisatawan asing berkunjung ke Indonesia selama 2012 sebesar 1,25 juta turis. Sementara pada 2011, kunjungan turis asing ke Batam mencapai puncaknya pada bulan Juli, yang bertepatan dengan penyelenggaraan ASEAN Jazz Festival keempat.

Hal itu menunjukkan bahwa pelaksanaan ASEAN Jazz Festival menjadi faktor peningkatan kedatangan turis asing ke Batam. ASEAN Jazz Festival 2012 akan diselenggarakan selama dua hari, 22-23 Juni, di Harbour Bay, Batam, Kepulauan Riau.

Sejumlah musisi ternama tanah air akan meramaikan pesta musik jazz internasional itu, antara lain Donny Suhendra, Trie Utami, Dwiki Dharmawan, Yeppy Romero dan Barry Likumahuwa. Sementara musisi jazz asing yang akan tampil antara lain Arnat Lawrongsikui (Thailand), Jeri De Leon (Filipina), Steve Thornton (Malaysia), Jeremy Tordjman (Prancis) dan Steve Rothmans (Kanada). (F013)